Tentang Kami

Website ini adalah subdomain dari www.salmanitb.com yang khusus dibuat untuk menghimpun kajian-kajian dan info penting terkait penanggulangan wabah COVID-19, utamanya yang dilakukan lewat masjid. Kajian dilakukan lewat grup diskusi Telegram yang mencakup lima aspek yaitu: (1) sains-teknologi, (2) ekonomi-politik, (3) sosial-budaya, (4) agama, dan (5) manajemen masjid. Hasil kajian di-update setiap pekan dalam bentuk tulisan di website ini. 

Sebagai sebuah musibah, wabah COVID-19 bukan saja membawa efek destruktif berupa kematian atau rusaknya harta benda, akan tetapi juga efek disruptif yang mengganggu atau memutus berbagai aspek kehidupan umat manusia. Pasca bencana alam seperti gempa atau banjir, gedung-gedung sekolah, rumah dan perkantoran yang hancur dapat dibangun kembali. Akan tetapi, selepas wabah ini usai, tidak ada jaminan tatanan sosial-budaya-ekonomi-politik-agama akan kembali persis seperti sediakala. Umat manusia termasuk umat Islam dan khususnya di Indonesia akan menghadapi berbagai perubahan dengan surutnya wabah ini. Mengutip  Arundhati Roy–novelis dan intelektual perempuan India–“Wabah ini adalah sebuah gerbang (the pandemic is a portal)”. Umat Islam dengan demikian perlu memiliki kesadaran akan dampak wabah ini. 

Datangnya wabah yang menyebar dengan cepat mungkin menimbulkan kegagapan di berbagai kalangan, termasuk pemerintahan negara-negara dunia tak terkecuali Indonesia. Akan tetapi di tengah kegagapan tersebut, muncul kesadaran dari banyak pihak untuk menemukan dan menjalankan perannya dalam mengatasi pandemi COVID-19 ini. Lewat masjid, umat Islam dapat menemukan dan menjalankan perannya menghadapi dampak-dampak wabah. Sebab, masjid adalah pusat berkumpul dan berkegiatan umat, yang tersebar hingga ke pelosok. 

Masjid sebagai rumah ibadah umat Islam di satu sisi adalah pusat berkumpulnya banyak orang. Dalam kondisi terjadi wabah, masjid rentan menjadi area persebaran penyakit. Masjid dengan demikian perlu melindungi jamaah dan lingkungan sekitarnya dari ancaman penyakit menular. Di sisi lain masjid memiliki beragam fungsi bagi umat, mulai dari tempat ibadah, tempat bersosialisasi jamaah, pendidikan dan dakwah, hingga pembinaan masyarakat. Di tengah ancaman wabah, sebagian atau seluruh fungsi ini terancam terhenti. Padahal, umat Islam justru semakin membutuhkan fungsi-fungsi ini di tengah krisis seperti wabah.

Kajian ini mencoba mengelola pengetahuan yang telah dan terus bermunculan terkait wabah COVID-19, khususnya yang relevan dengan pelaksanaan fungsi-fungsi masjid di atas.  

Kajian ini kami namakan Kajian Siaga Wabah (Kiswah), yang diawali dengan menghimpun, menyeleksi dan menyarikan bahan-bahan artikel yang telah bertebaran. Tim pengelola Kiswah adalah staf Bidang Pengkajian dan Penerbitan Salman ITB yang bekerjasama dengan Keluarga Mahasiswa Islam (Kamil) Pascasarjana ITB.

Ke depannya, kami mengundang para pakar dari berbagai disiplin yang ingin menyumbangkan pemikirannya tentang penanganan dampak-dampak wabah ini, khususnya yang relevan dengan peran masjid.   

Kontak Darurat whatsapp